logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Selamat Datang di Situs Web Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Bandara Juanda Nomer 26 Sidoarjo Jawa Timur Telepon 031-8686014, Nikah di KUA GRATIS, di Luar KUA Membayar Rp 600 ribu, Disetorkan Langsung ke Bank, ZONA INTEGRITAS KUA, Tolak GRATIFIKASI dan KORUPSI. Laporkan Jika Terbukti!. Anda ingin Umrah? Pastikan 5!!! Pasti Travelnya, Pasti Jadwalnya, Pasti Terbangnya, Pasti Hotelnya, Pasti Visanya.

Sekretaris PPIH Himbau Taati Ketentuan Tarwiyah

Minggu, 13 Agustus 2017, 10:43

Surabaya (PHU) – Sehubungan dengan adanya himbauan kepala daerah kerja Makkah mengenai ketentuan tarbiyah, Sekretaris PPIH menghimbau kepada seluruh jamaah khususnya jamaah calon haji dari Embarkasi Surabaya untuk mentaati ketentuan tersebut. Tarwiyah menurutnya, merupakan ibadah sunnah yang dilakukan dengan bermalam sebelum melanjutkan perjalanan ke arofah. Kebiasaan jamaah haji ada dua, yakni melalui maktab langsung ke arofah dan juga ada sebagian jamaah yang berangkat dari maktab ke Minna dulu baru menuju ke arofah. 

“Bagi jamaah haji Indonesia persiapan menuju arofah dilakukan dari maktab, jadi 8 Dzulhijah keluar dari maktab selepas dhuhur. Tapi ada sebagian jamaah pamit tidak dari maktab dari Minna mengambil Sunnah,” ujarnya saat di gedung Siskohat asrama haji Sukolilo Surabaya, Minggu (13/8).

Ahmad Faridhul Ilmi menambahkan sebenarnya Pemerintah Indonesia tidak melarang pelaksanan tarwiyah, namun menghimbau para jamaah haji untuk mempertimbangkan secara fisik karena berat dan resiko keselamatan diri karena akan menghadapi atau melaksanakan wukuf sebagai puncak haji.

“Pada dasarnya pemerintah Indonesia tidak melarang pelaksanaan tarwiyah, akan tetapi menghimbau para jamaah haji untuk mempertimbangkan secara fisik dan resiko keselamatan, karena akan menghadapi rukun haji,” tambahnya.

Bila ingin melaksanakan tarwiyah, Kabid  Penyelenggara Haji dan Umrah menjelaskan harus ada penanggungjawab yang dibentuk dan dipastikan harus ada anggotanya jangan dilakukan sendiri. Biasanya, terangnya, ada biaya yang harus dikeluarkan untuk transportasi dan konsumsi sesuai musyawarah dengan maktabnya. 

Kemudian, untuk pengurusan ijin dilakukan dengan mengajukan permohonan kepada ketua kloter disetujui kepala sektor baru dilaporkan kepada Daker Makkah. 

“Yang bikin surat permohonan itu harus sehat tidak boleh lemes, kemudian segala aktifitas akibat kepada keselamatan menjadi tanggung jawab sendiri-sendiri,” ucap mantan Kepala Kemenag Kabupaten Trenggalek tersebut. (isn/mn)

Editor : hans



Editor : admin

Berita Terkait

Daftar Tunggu Panjang, Prosentase Risti Cukup Besar

Selasa, 22 Agustus 2017, 21:34

Surabaya (PHU) – Haji itu unik, semua latar belakang pekerjaan, umur, pendidikan bisa berangkat menunaikan rukun Islam yang kelima. Sehubungan dengan beragamnya latar belakang tersebut muncul be...

Saat Sujud, Jamaah Haji Asal Madiun Wafat di Mekah

Selasa, 22 Agustus 2017, 21:37

Surabaya (PHU) - Kabar duka datang dari jamaah haji embarkasi Surabaya. Samilan Martiidjoyo Kariyo Bin Parman (63) jamaah haji asal Sidorejo RT 18/05 Sidomulyo kecamatan Sawahan kab. Madiun dilaporkan...

Petugas Amankan Puluhan Radio Komunikasi Jemaah

Selasa, 22 Agustus 2017, 21:41

Surabaya (PHU) - Setelah petugas bea cukai King Abdul Aziz Internasional mengamankan radio komunikasi (HT) jemaah kloter 69 asal Sidoarjo pagi tadi, Selasa (22/8) pukul 04.00 Waktu Arab Saudi di gate ...

JCH Kloter 68 Meninggal Di RS. Haji

Senin, 21 Agustus 2017, 14:40

Surabaya (PHU) – Minggu pagi (20/8), sekitar pukul 04.00 WIB jamaah calon haji dari Surabaya meninggal dunia di rumah sakit haji Sukolilo Surabaya. Mujiarto, jamaah haji kloter 68 sempat dirawat...