logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Mohon Maaf dengan ketidaknyamanan saat ini, Website Sedang Proses Migrasi dan update . Terima Kasih

PAT di MAN 2 Kota Madiun dengan Sistem P – BK dan P – KP

Jum'at, 19 Mei 2017, 15:29

Kota Madiun (MAN 2) - Jum’at (19/5) ini merupakan hari ketiga pelaksanaan penilaian akhir tahun (PAT) tahun pelajaran 2016 – 2017 MAN 2 Kota Madiun. Pada PAT tahun ini MAN 2 Kota Madiun mengimplementasikan tes berbasis komputer (Computerized Based Test / CBT).  Penilaian dengan CBT ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan siswa kelas X dan XI MAN 2 Kota Madiun.

Sebagai tahap awal implementasi CBT, tidak semua mata pelajaran penilaiannya dengan mengimplementasikan CBT. Hanya 6 mata pelajaran setiap peminatan yang mengimplementasikannya, yaitu mata pelajaran yang diujian nasionalkan. Sedangkan untuk mata pelajaran yang lain tetap menerapkan penilaian dengan lembar jawaban komputer (LJK). Dengan demikian MAN 2 Kota Madiun menerapkan dua sistem penilaian sekaligus, penilaian berbasis komputer (P – BK) dan penilaian berbasis kertas dan pensil (P – KP).

Sebanyak 737 siswa mengikuti PAT yang terdiri dari 388 siswa kelas X dan 349 siswa kelas XI. PBK dan PKP dilaksanakan bersamaan dengan bergantian antara kelas X dan XI. Pada hari pertama kelas X dengan PBK, kelas XI dengan PKP. Hari kedua kelas X dengan PKP, sementara kelas XI PBK. Begitu seterusnya. Saat mengikuti PBK, setiap siswa mendapatkan 2 ujian setiap harinya. Sehingga masing-masing peserta akan mengikuti PBK selama 3 hari. Sementara PKP dilaksanakan selama 5 hari.

Dari 737 peserta PAT, terbagi menjadi 22 ruang ujian ketika penilaian dengan PKP. Sedangkan ketika PBK, 737 peserta PAT tadi dikelompokkan menjadi 13 kelompok untuk kelas X dan 12 kelompok kelas XI, total 25 kelompok. Dari 4 ruang komputer yang dimiliki MAN 2 Kota Madiun, setiap hari menyelenggarakan 7 sesi penilaian per ruang.

Menurut sekretaris panitia PAT Yulli Elveni Qomariyah, pada awalnya agak kerepotan juga mengatur jadwal dan pembagian ruang atau kelompok siswa. Tetapi setelah berkoordinasi  dengan tim CBT, semua dapat berjalan lancar. Apalagi setelah mengikuti sosialisasi yang dipresentasikan oleh Agus Romadlon dan Muhammad Romadlon dari tim CBT kepada seluruh siswa beberapa hari yang lalu.

“Kami berharap penilaian dengan CBT ini selain untuk membiasakan peserta didik mengerjakan soal dengan komputer, yang lebih penting adalah pendidikan karakter khususnya kedisiplinan dan kejujuran kepada peserta didik,” tambah Yulli Elveni Qomariyah.

Sedangkan menurut Muhammad Romadlon salah satu anggota tim CBT MAN 2 Kota Madiun, pada tahap awal ini masih diperlukan kerja keras. Sampai larut malam dalam beberapa hari tim ini mempersiapkan baik secara teknis perangkat yang digunakan, pengembangan program maupun soft ware, serta konten materi ujian yang akan digunakan. Namun justru dari sini tim ini optimis untuk pengembangan berikutnya. Tidak hanya jumlah mata pelajaran yang akan diujikan, tetapi juga sistemnya.

“Kita optimis bahwa penilaian dengan CBT ini masih banyak sekali pengembangannya. Kita ikuti perkembangan teknologi, semakin berkembang juga sistem kita,” tambah Muhammad Romadlon. (lon)

Editor : hans/isn/mn



Editor : admin

Berita Terkait

MTsN Kota Madiun Jawara KSM Fisika Tingkat Provinsi Jawa Timur

Jum'at, 26 Mei 2017, 11:37

Kota Madiun ( MTsN Kota Madiun) - bertempat di Hotel Utami Jl Raya Juanda pada hari rabu ( 24/5/2017) digelar KSM ( Kompetisi Sains Madrasah) tingkat propinsi Jawa Timur. Acara KSM ini diikuti oleh se...

MAN 2 Kota Madiun Raih 4 Piala di KSM Jatim

Jum'at, 26 Mei 2017, 11:55

Kota Madiun (MAN 2) –  Empat siswa MAN 2 Kota Madiun yang tergabung dalam kontingen Kota Madiun meraih 4 piala pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat provinsi Jawa Timur yang disel...

Pengawas Madrasah Monitoring Pelaksanaan PAT di MAN 2 Kota Madiun

Jum'at, 26 Mei 2017, 12:00

Kota Madiun (MAN 2)–. Pengawas madrasah Kankemenag Kota Madiun Siti Halimah Sd pada hari Rabu (24/5) kemarin melaksanakan monitoring di MAN 2 Kota Madiun dalam rangka pelaksanaan penilaian a...

Ary Siswanto Beri Suntikan Motivasi Peserta KSM dari MAN 2 Kota Madiun

Rabu, 24 Mei 2017, 07:20

Kota Madiun (MAN 2) – Tujuh dari 8 peserta kompetisi sains madrasah (KSM) tingkat provinsi untuk tingkat madrasah aliyah (MA) kontingen Kota Madiun berasal dari MAN 2 Kota Madiun. Menghadapi...