logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Mohon Maaf dengan ketidaknyamanan saat ini, Website Sedang Proses Migrasi dan update . Terima Kasih

Wasmad Lakukan Giat Pendampingan Penyusunan EDM, RKM, Dan RKT Berbasis Tools New

Jum'at, 19 Mei 2017, 15:11

Kab. Pasuruan (Wasmad) - Evaluasi Diri Madrasah atau lebih dikenal dengan sebutan EDM adalah suatu proses evaluasi diri madrasah yang bersifat internal yang melibatkan pemangku kepentingan untuk melihat kinerja madrasah berdasarkan SPM dan SNP yang hasilnya dipakai sebagai dasar penyusunan RKM dan sebagai masukan bagi perencanaan investasi pendidikan tingkat kabupaten, EDM dilakukan Tim Pengembang Madrasah (TPM) di akhir tahun pelajaran untuk mengukur sejauh mana ketercapaian SPM / SNP.

Penyusunan RKM dan RKT merupakan suatu hal yang amat penting karena RKM dan RKT dapat dijadikan sebagai kerangka acuan dalam mengembangkan madrasah, dasar untuk memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan pengembangan madrasah, serta bahan acuan untuk mengidentifikasi dan mengajukan sumber daya pendidikan yang diperlukan dalam pengembangan madrasah.

Sejak awal tahun pelajaran, Program Pengawas Madrasah (PPM) adalah melakukan pendampingan dalam penyusunan EDM, RKM dan RKT di seluruh madrasah binaan dengan memanfaatkan aplikasi Tools, berdasarkan pengalaman pengawas senior ketika madrasah hanya disuruh untuk menyusun RKM, maka sampai akhir tahun pelajaran kebanyakan belum selesai menyusunnya, kalau toh ada itu hasil copy paste.

Maka berdasarkan hasil evaluasi dan pengalaman selama ini, pengawas madrasah tingkat menengah Nur Elhuda melakukan pendampingan pada madrasah binaannya, yang rata-rata memerlukan prosentasi 3-4 kali volume pendampingan baru madrasah bisa menyusunnya dengan mandiri, terang Nur Elhuda.

Dalam hal ini, ia (Nur Elhuda-red) juga ingin membuktikan apa memang kalau tidak ada pendampingan madrasah tidak menyusun EDM, RKM dan RKT, inipun diterapkan dari 13 madrasah binaan yang rutin didampingi ada 8 madrasah. Ternyata memang benar bahwa madrasah yang tidak rutin didampingi sampai sekarang belum menyelesaikan penyusunannya, apalgi yang belum pernah walaupun sifatnya hanya Workshop penyusunan EDM, RKM dan RKT.

Berdasarkan Pengalaman dalam mendampingi madrasah secara rutin dalam waktu beberapa bulan terakhir, maka ditemukan mayoritas indikator dari 8 SNP seluruh madrasah binaan memiliki permasalahan yang sama, akhirnya setelah dianalisa antara kelemahan dan kekuatan maka ditemukanlah suatu cara bagaimana mendampingi penyusunan EDM, RKM dan RKT dalam waktu 1 hari, ceritanya.

Beberapa madrasah sudah berhasil selesai, seperti Halnya yang ia lakukan kemarin, Kamis (18/5) di MTs Ma’arif desa Pager Kecamatan Purwosari. Dan disini, ia melakukan pendampingan Tim Pengembang Madrasah (TPP) dalam bentuk penyusunan EDM, RKM dan RKT yang dimulainya dari 08.00 sampai pada pukul 14.30 WIB. (el/imin)

Editor : hans/isn/mn



Editor : admin

Berita Terkait

116 Siswa MIN Beji Ikuti Proses Wisuda Purna Study

Jum'at, 26 Mei 2017, 12:09

Kab. Pasuruan (MIN Beji)_ Diiringi dengan alunan musik Gita Giatama Marching Band MIN Beji, sebanyak 116 siswa melangakah dengan tegap menuju tempat pelaksanaan Prosesi Wisuda Siswa Kelas VI yang ...

Kepala Kemenag Membuka Giat Pekan Seni Dan Keterampilan Pendidikan Agama Islam

Jum'at, 26 Mei 2017, 12:21

Kab. Pasuruan (Pais) - Bertempat di Aula Al Ikhlas Kantor Kemenag Kab. Pasuruan Seksi Pendidikan Agama Islam melaksanakan Kegiatan Seni dan Keterampilan Pendidikan Agama Islam (Pentas Pais) yang dilak...

Kasubbag TU Serahkan Penghargaan Bagi Siswa Berprestasi MIN Beji

Jum'at, 26 Mei 2017, 12:24

Kab. Pasuruan (MIN Beji)_ Pasca dilaksanakannya proses wisuda purna study siswa kelas VI MIN Beji, Kamis (25/5) Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kan Kemenag Kab. Pasuruan serahkan pengah...

Kasubbag TU Resmikan Ruang Kelas Baru MIN Beji

Jum'at, 26 Mei 2017, 12:29

Kab. Pasuruan (MIN Beji)_ Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kan Kemenag Kab. Pasuruan Dr. H. Munif, M,Ag siang kemarin, Kamis (25/5) meresmikan fasilitas Ruang Kelas Baru (RKB) MIN Beji (...