logo

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR

Jalan Raya Bandara Juanda No.26, Telp. (031) 8686014, E-mail : kanwiljatim@kemenag.go.id

Selamat Datang di Situs Web Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Jalan Raya Bandara Juanda Nomer 26 Sidoarjo Jawa Timur Telepon 031-8686014, Nikah di KUA GRATIS, di Luar KUA Membayar Rp 600 ribu, Disetorkan Langsung ke Bank, ZONA INTEGRITAS KUA, Tolak GRATIFIKASI dan KORUPSI. Laporkan Jika Terbukti!. Anda ingin Umrah? Pastikan 5!!! Pasti Travelnya, Pasti Jadwalnya, Pasti Terbangnya, Pasti Hotelnya, Pasti Visanya.

Ratusan Guru Ikuti Seleksi Akademik Calon Kepala Madrasah

Jum'at, 19 Mei 2017, 15:02

Sidoarjo (Pendma) - Untuk menjamin kualitas kepala madrasah, Kanwil Kemenag prov. Jatim pagi ini (19/5) menyelenggarakan seleksi akademik calon kepala madrasah di aula al Ikhlas setempat. Seleksi ini diikuti oleh 200 orang, terdiri dari 54 guru madrasah Aliyah (MA), 89 guru madrasah Tsanawiyah (MTs) dan 57 guru madrasah ibtidaiyah (MI).

Seleksi akademik yang dibuka oleh kepala bidang pendidikan madrasah H. Supandi ini berlansung mulai pukul 08.00. Dalam sambutannya, Supandi menyampaikan kebanggaannya pada peserta yang ikut berkompetisi mengasah kompetensi untuk meraih sukses mengantar anak bangsa menjadi generasi yang sholih sholihah.

Seleksi akademik ini merupakan rangkaian dari seleksi penjaringan kepala madrasah. Beberapa hari sebelumnya, para peserta seleksi telah mengumpulkan softcopy scan porto folio dan karya tulis ilmiah (KTI) yang telah dinilai oleh tim penilai dari Balai Diklat Keagamaan (BDK), UIN Sunan Ampel dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sementara itu, Wafi kepala seksi pada bidang PendMa saat diwawancarai menjelaskan, diantara persyaratan guru untuk mengikuti seleksi kepala madrasah ini adalah guru beragama islam berakhlaq mulia yang berusia maksimal 56 tahun, pangkat golongan IIIC minimal mengajar 5 tahun, serta kaulifikasi pendidikan minimal S1 atau D4 kependidikan sesuai dengan peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 29 tahun 2014. 

Peserta yang lolos seleksi portofolio, KTI dan akademik ini akan mengikuti diklat kepala madrasah dan mendapatkan sertifikat kepala madrasah, yang merupakan salah satu persyaratan untuk bisa menjadi kepala madrasah.

Wafi menjelaskan, PMA nomor 29 tahun 2014 juga menjelaskan bahwa kepala madrasah yang tidak mempunyai sertifikat kepala madrasah, maka per bulan September 2017 ini akan digurukan.(isn)

Editor: hans/mn



Editor : admin

Berita Terkait

Kanwil Kemenag Jatim Gelar Kompetisi Guru, Kepala, dan Pengawas Madrasah Tingkat Provinsi Jawa Timur

Selasa, 15 Agustus 2017, 12:50

Sidoarjo (Pendma) Selasa (15/8) Guru, pengawas, dan kepala madrasah terbaik di Jawa Timur akan bersaing dalam kompetisi guru, pengawas, dan kepala madrasah berprestasi tingkat jawa timur. Mereka y...

Menag: Anak Madrasah Wajib Menjaga Negeri

Selasa, 08 Agustus 2017, 08:12

Jogyakarta (Pendma) - Gelar Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma), Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) serta Madrasah Expo Tingkat Nasional 2017 malam in...

Icon Pawai Ta’aruf Jatim dalam Aksioma-KSM 2017: Dewi Songgo Langit dan Pujanganom

Selasa, 08 Agustus 2017, 08:18

Jogyakarta (Pendma) - Pawai ta’aruf kontingen dalam ajang Aksioma Nasional 2017 menjadi hiburan bagi warga kota Yogyakarta. Iring-iringan pawai yang menggunakan kereta yang ditarik kuda, bia...

Madrasah Expo Resmi Dibuka

Selasa, 08 Agustus 2017, 18:49

Jogjakarta (Aksioma) - KSM Nasional 2017 di Yogyakarta dimeriahkan dengan adanya Madrasah Expo yaang menjadi ajang penting sebagai bentuk promosi pengelolaan madrasah yang bermutu dan berdaya saing. &...