Sabtu, 20 Oktober 2018, 18:45

thumbnail

Anggota DWP MTsN 4 Sidoarjo Ikuti Talkshow Kesehatan Wanita Bersama dr. Maya Kurniawati, Sp.OG

Selasa, 02 Mei 2017, 08:31

Kab. Sidoarjo (MTsN 4) - Minggu (30/4) tepat pukul 15.00 WIB Rooftop Lippo Plaza Lantai 2 yang beralamatkan di Jalan Jati 1 Sidoarjo telah dipadati oleh puluhan ibu-ibu dengan balutan Dress Code berwarna kuning. Tak ketinggalan turut hadir dalam acara yang dihelat oleh Klinik Prodia ini, ibu-ibu anggota Dharma Wanita dari Sub Unit MTsN 4 Sidoarjo, sebut saja Samhah, Lif Nurliha Isnaini, Nur S. Pudji Astutik, dan Uswatun Hasanah. Kehadiran mereka tak lain untuk mengikuti Talkshow Kesehatan Wanita bersama Narasumber dr. Maya Kurniawati, Sp.OG yang diselenggarakan oleh Laboratorium Klinik Prodia Sidoarjo jalan Pahlawan no. 12A Lemahputro Sidoarjo. Sesuai jadwal yang beredar, kegiatan ini berlangsung mulai pukul 15.00 hingga pukul 17.30 WIB.

Dalam Talkshow kali ini dr. Maya sebagai Narasumber tunggal menjelaskan secara detail tentang bahaya kanker serviks, yaitu kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Penyakit kanker serviks ini bukan penyakit yang ringan, karena hampir semua wanita dari berbagai usia berisiko menderita kanker serviks. Jumlah kasus baru kanker serviks serta kematian yang diakibatkannya terus meningkat setiap tahunnya. Oleh karena itu, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan RI secara berkelanjutan mengembangkan program deteksi dini kanker serviks melalui program Pap Smear.

Disampaikan lebih lanjut oleh dr. Maya, bahwa Pap Smear adalah sebuah prosedur untuk menguji kehadiran kanker serviks pada seorang wanita. Manfaat pap smear sangat penting sekali, untuk mendeteksi secara dini kanker serviks sehingga dapat dilakukan pengobatan sejak pra kanker hingga berpeluang kesembuhan dan menjadi sehat kembali.

"Penyebab kanker serviks adalah virus human papilloma (HPV) tipe resiko tinggi. Infeksi oleh HPV tipe resiko tinggi dalam jangka waktu lama akan menyebabkan materi genetik HPV menyusup ke dalam sel serviks menyebabkan perubahan sifat sel menjadi kanker," Papar dr. Maya panggilan akrab dari seorang dokter yang ramah dan sangat familier dikalangan para ibu-ibu di Kabupaten Sidoarjo saat tampil dalam sesi tanya jawab. (NSPA/IM2)

 

 

 

 

 

Bagikan ke Teman Anda :

Dibaca Oleh 1138 Pengunjung