Sabtu, 20 Oktober 2018, 18:47

thumbnail

Sub Rayon 53 Siap Lakukan Sinkronisasi UNBK

Jum'at, 28 April 2017, 16:14

Kab. Sidoarjo (MTsN 4) - Pelaksanaan UNBK SMP/MTs Tahun 2017 tinggal menghitung hari. Sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) UNBK jenjang SMP/MTs akan dilaksanakan pada tanggal 2, 3, 4 dan 8 Mei 2017. Secara nasional hari ini Jum’at (28/4) akan dilaksanakan proses Sinkronisasi yaitu proses pengaturan jalannya beberapa proses pada saat yang bersamaan. Tujuan utama dari Sinkronisasi ini adalah untuk menghindari terjadinya inkonsistensi data karena pengaksesan oleh beberapa proses yang berbeda (mutual exclusion) serta untuk mengatur urutan jalannya proses sehingga dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari deadlock atau starvation.

Ditemui di Laboratorium Bahasa, Samsu Harudi selaku Proktor Utama dalam pelaksanaan UNBK di Sub Rayon 53 memberikan penjelasan, bahwa ada beberapa tahapan yang akan dilakukan dalam Proses Sinkronisasi UNBK hari ini, yaitu mengupdate, mereplace atau mengganti file VHD lama simulasi-3 ke VHD UNBK yang Fresh (update 27 April 2017 dari Puspendik untuk UNBK SMP/MTs).

Lebih lanjut disampaikan oleh ayah dari dua orang putri ini, bahwa usai menghapus file VHD lama dan diganti VHD yang Fresh, maka tahapan selanjutnya adalah mengganti Excambrose Admin  dengan yang baru di Komputer Server,  dan mengganti  Excambrose Client  dengan yang baru di Komputer Client. Mengingat Peserta UNBK di Sub Rayon 53 berjumlah dua ratus enam puluh enam (266), maka terdapat tiga (3) ruangan yang akan dipakai dalam UNBK yaitu Ruang Laboratorium Bahasa, Ruang Laboratorium Komputer dan satu ruangan kelas yang sudah disiapkan untuk UNBK.

"Semoga proses Sinkronisasi yang didukung oleh fasilitas internet dan listrik ini berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala yang diakibatkan dari jaringan internet maupun listrik, sehingga berdampak pada kesuksesan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sub Rayon 53 Rayon 11 Kabupaten Sidoarjo," Papar Mr. Sam’s panggilan akrab dari Samsu Harudi yang siap melakukan proses sinkronisasi di Laboratorium Bahasa. (NSPA/IM2) 

Editor : hans/isn/mn

 

 

  

 

 

Bagikan ke Teman Anda :

Dibaca Oleh 1995 Pengunjung