Sabtu, 20 Oktober 2018, 18:44

thumbnail

Pengembangan Profesi Guru MTsN Krian

Kamis, 27 April 2017, 13:54

Kab. Sidoarjo (MTsN Krian) - Dalam peraturan bersama menteri pendidikan nasional no 14 tahun 2010 mengenai pelaksanaan jabatan fungsional guru, bahwa guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan usia dini jalur formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Guru yang profesional adalah guru yang memiliki kompetensi atau standar mutu yang dipersyaratkan untuk melakukan tugas pendidikan dan pengajaran. Berbagai macam cara bisa dilakukan dalam pengembangan profesi guru ini, salah satunya adalah dengan adanya MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). MGMP adalah wadah pertemuan untuk guru bidang studi. Wadah ini dibentuk bukan hanya untuk silaturahmi saja melainkan juga untuk menampung permasalahan yang dihadapi oleh para guru.

Menyadari pentingnya MGMP tersebut salah satu guru bahasa Inggris MTsN Krian, Marfuatin Nafiah bergabung dalam MGMP yang diadakan oleh Diknas Sidoarjo. Kegiatan MGMP ini terjadwal rutin setiap bulan satu kali dan jatuh setiap hari Selasa. Tempat kegiatan ini berlangsung di SMPN 2 Sidoarjo. Kegiatan ini telah dia ikuti sejak bulan Agustus 2016, pertemuan pertama tepatnya pada selasa minggu ke dua dan pertemuan terakhir pada semester ini adalah kemarin, Rabu (26/4). Pada pertemuan terakhir kemarin agenda dari MGMP ini adalah study banding ke Kampung Inggris Pare Kediri. Rombongan menaiki bis dari halaman SMPN 2 Sidoarjo tepat pukul 07.00 pagi. Terdiri dari kurang lebih enam puluh anggota, mereka sampai di tempat tujuan jam 11.00. Sesampai di sana mereka disambut oleh salah satu tempat kursus bahasa inggris terbesar yaitu Global English.

Ketika diwawancarai oleh tim Azzahra, Nafi panggilan akrab Marfuatin Nafiah mengucapkan terima kasih kepada kepala madrasah MTsN Krian yang telah mengizinkan dia untuk bergabung dalam wadah guru mata pelajaran ini. Dia berharap dengan bergabungnya dia di wadah ini bisa memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan pengajaran bahasa Inggris. Di sini dia juga bisa belajar banyak karena memang MGMP Diknas secara keorganisasian telah berdiri lebih lama dan secara keanggotaan juga lebih besar. Dengan bergabung di MGMP ini dia juga berharap bisa membawa apa yang dia dapatkan untuk di bagikan kepada anggota MGMP Kemenag yang mana dia juga bergabung di dalamnya. Banyak hal yang dia dapatkan dengan bergabung di wadah ini, tidak hanya secara keilmuwan, namun silaturahmi dengan guru-guru dari Diknas pun terjalin. (AZR)

Editor : hans/isn/mn

Bagikan ke Teman Anda :

Dibaca Oleh 17852 Pengunjung